Senin, 14 Desember 2009

The Open Services Gateway Initiative (OSGi)

The Open Services Gateway Initiative (OSGi), didirikan pada tahun 1999, adalah suatu koalisi
independen non-profit korporasi.

OSGi menyediakan satu-satunya vendor-netral, kalikan-source spesifikasi dalam industri untuk menyampaikan dan mengelola aplikasi atau layanan melalui jaringan yang berjalan secara lokal pada perangkat remote

OSGi juga bekerja untuk berkembang biak spesifikasi terbuka ini melalui teknologi sponsor, pasar, dan pengguna-program pendidikan.


OSGI ini adalah layanan untuk membuka jembatan dari berbagai jalan. Maksudnya adalah bahwa osgi ini adalah sebuah Tekhnologi dimana kita dapat menggabungkan berbagai fungsi dalam satu tujuan atau aplikasi, suatu cara untuk menggabungkan berbagai bagian-bagian yang mana bagian-bagian ini dibungkus menjadi sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan dengan berbagai macam kegunaan. Sebenarnya teknologi ini berawal dari pikiran bagaimana cara mengubah program tanpa membongkar koding. Dari situ teknologi ini mulai dikembangkan dalam bahasa pemrograman mulai dari instalasi, jalannya program, update dan sampai uninstall tanpa perlu memperbarui coding.

Manfaat dalam penerapan osgi ini adalah :
• Programmer dapat mengupdate atau mengupgrade kodingnya dengan mudah.
Contoh : programmer membuat aplikasi yang mana terdapat bug yang harus ditambal, programmer ini tidak perlu melakukan pengkodingan ulang dan mengganti aplikasi yang lama dengan aplikasi baru yang memakan waktu dan biaya yang besar untuk menambalnya (patching). Seperti cara inject (suntik) ke dalam program yang telah dibuat. Dan ini tidak merubah struktur program dan kinerja program tersebut.

• Dengan teknologi osgi ini kita dapat menyatukan berbagai fungsi di dalam aplikasi.
Contoh : seperti plug in yang dapat menambahkan fungsi dalam aplikasi.

• Mudah dalam penerapan.
Bagi tim yang membuat aplikasi tentunya tugas mereka berbeda. Ada yang membuat desain antar muka atau GUI, ada yang membuat koding jalan softwarenya, ada yang membuat keamanannya, dan lain sebagainya. Nah dari semua koding yang telah dibuat ini kita dapat satukan dengan dan Dibungkus dari komponen-komponen OSGI ini.

• Efisiensi biaya
Dalam hal ini untuk pengembangan sebuah software dapat menekan biaya yang dikeluarkan dalam pemeliharaan software. Seperti yang tertera dalam penjelasan. Sebenarnya masih banyak keuntungan atau manfaat osgi ini. Dan dapat dilihat pada web resmi osgi alliance.

sumber: http://www.sukma-indah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar